Tuesday, June 21, 2016

Melatih Jiwa Usaha Santri dan Alumni Pondok KH. Aminuddin

Pelatihan konveksi di pondok pesantren KH. Aminuddin berlangsung dengan menarik. Hadir pada pembukaan Kepala bidang perindustrian dan perdagangan Kab. Probolinggo, Ibu Andjar SH. MHum membuka acara pelatihan konveksi pada hari selasa, 21 Juni  2016 jam 11.00 siang di pondok pesantren KH. Aminuddin. Bu Andjar ditemani oleh Bapak Budiono dan 4 orang dari disperindag. Al-hamdulilillah, acara lancar dan semangat peserta nampak memancar dari senyum mereka.

Para peserta pelatihan konveksi saat pembukaan di ponpes Kh. Aminuddin Rangkang Kraksaan Probolinggo


Para peserta yang ikut berjumlah 20 orang, dari unsur alumni pondok pesantren 7 orang, para asatidzah (guru ngaji) 8 orang dan santriwati SMK 2 orang dan Aliyah 3 orang. Nara sumber yang melatih ada 2 orang, ibu Sri Rejeki dan mbak Dita.

Tujuan dari pelatihan konveksi adalah menumbuhkan jiwa usaha bagi penduduk pondok pesantren KH. Aminuddin. Untuk itu disperindag Kab. Probolinggo bersinergi dengan pesantren melatih keterampilan konveksi pada para alumni dan ustadzah serta santri. Demikian sambutan Ibu Andjar.

Dalam sambutan pengasuh yang diwakili oleh Najlatun Naqiyah, mengucapkan terima kasih atas kerjasama pemerintah Kabupaten Probolinggo yang memberikan program pelatihan konveksi di pondok Kh. Aminuddin. Terima kasih kehadiran para Ibu dan Bapak dari disperindag Kab. Probolinggo. Najlah berharap peserta dapat bersyukur dan belajar sungguh-sungguh selama pelatihan sehingga mampu menyerap ilmu konveksi yang diberikan oleh nara sumber. Peserta dilatih langsung oleh nara sumber dengan praktek membuat jubah mulai dari cara mengukur, membuat pola, menjahit dan mengobras. Nanti saat penutupan hari kamis, tanggal 23 Juni 2016. Seluruh peserta memakai dan memperagakan baju jubah yang dirancang dan dijahit sendiri. Pengalaman keberhasilan masing-masing peserta akan menambah rasa yakin dan percaya diri untuk membuka usaha konveksi.

Ibu Sri rejeki memberi materi pengukuran baju

Para santri saat mengikuti pembukaan acara pelatihan konveksi

Pelatihan konveksi di pondok pesantren berguna bagi santri. Terlebih pelaksanaannya pada bulan suci ramadlan, santri belajar kitab kuning, ngaji al-Qur'an juga belajar keterampilan hidup membuat baju. Semoga pelatihan ini berguna kelak ketika alumni, asatidzah dan santri terjun ke masyarakat, mereka tidak hanya pandai mengaji tapi juga pandai menjahit, memasak, berjiwa usaha.
Aamiin ya rabbal alamin...

Wallahu a'lam bis sawab