Friday, June 10, 2016

Do'a Nabi Muhammad SAW yang diamalkan sehari-hari sebagai motivasi diri

Santri putri Ifa dan Dian Mutiara
Tradisi bulan Ramadlan di pondok pesantren KH. Aminuddin Rangkang-Kraksaan Probolinggo adalah pengajian kitab kuning. Para santri dengan tekun menjalani puasa di pondok untuk mengaji kitab dan tadarus Al-Qur'an. Seperti  tradisi dari tahun ke tahun, bulan ramadlan kali ini bersama santri mengkhatamkan kitab Jawahirul Bukhori, pada bab akhir kitab berisikan do'a-do'a harian yang diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW. Apa saja do'a yang dibaca oleh Nabi Muhammad SAW? Apa implikasi do'a bagi individu?


Kitab Jawahirul Bukhori menjelaskan do'a yang dibaca oleh nabi. Do'a yang termashur dibaca oleh Nabi Muhammad SAW paling banyak adalah do'a yang diriwayatkan oleh Anas r.a. berkata, "Allahumma aatina fid dunya hasanah wa fil akhirati khasanah wa qina adzaban naar"- muttafaqun alaih. Artinya, "Ya Allah, berikanlah kami kehidupan dunia yang baik dan di akhirat yang baik dan jauhkanlah kami dari siksa api neraka".

Do'a ini sangat terkenal dengan do'a selamat atau do'a sapu jagat. Doa ini dihapalkan di sekolah-sekolah sejak anak masih kecil. Do'a diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW, Ya Allah SWT, Aku berlindung padaMu dari lapar, karena sesungguhnya lapar itu adalah temannya tidur dan aku berlindung dari khiyanat, karena sesungguhnya hal itu membawa aib dalam keluarga.

Nabi berdo'a semoga diberikan kecerdasan dan terjaga dari kejelekan. Nabi memohon ampunan Allah SWT dari kejelekan nafsu, perselisihan,  kemunafikan dan jeleknya akhlak. Nabi mohon agar dilindungi dari pendengaran yang jelek, penglihatan yang jelek, hati yang jelek, lisan yang jelek dan mani yang jelek yaitu farji yang jelek.

Do'a ini apabila ditelaah dari aspek psikologi mampu memberikan tuntunan bagi diri untuk memiliki pribadi yang berusaha sekuat jiwa memperoleh keselamatan dan kecerdasan hidup.
Orang cerdas mampu memilih menjadi pribadi yang sukses. Do'a adalah sebentuk janji hati mengejar do'a yang diminta. Allah SWT memberikan akal, gerak untuk berusaha merubah dirinya berakhlak mulia.

Diriwayatkan oleh Syahr ibn Hausab berkata dari Ummi Salamah r.a. Apa do'a yang paling banyak dibaca oleh Nabi Muhammad? Dia berkata, " yang paling banyak dibaca, "ya muqollibal qulub tsabbit qolbi ala dinika". Riwayat Tirmidzi.
 Artinya,"wahai Dzat yang membolak balikkan hati, tetapkanlah hati ini pada AgamaMu".
Nabi mengajarkan do'a agar kita selalu memohon kepada Allah SWT agar terus berpegang teguh pada agama Allah SWT.

Nabi berdo'a, "Ya Allah, sesungguhnya saya berlindung padaMu dari hilangnya nikmat dan kekuatan sehat dan siksaan yang mendadak serta semua kemarahan".

"Ya Allah, berikanlah manfa'at dari apa yang kuketahui dan dan tambahkan ilmuku dan "al-hamdulillah ala kulli haal" segala puji bagi Allah SWT atas segala keadaan. Dan aku berlindung padaMu dari keadaan ahli neraka".

Implikasi dari do'a yang diamalkan sehari-hari setelah solat wajib lima waktu, adalah menuntun hati untuk menyerahkan diri kepada Allah SWT. Rela dengan keta'atan yang penuh. Rasa tulus ikhlas berjuang menegakkan kalimat Allah SWT. Berusaha menciptakan keselamatan dan perdamaian serta persaudaraan di muka bumi.

Do'a adalah spirit, semangat untuk mencapai seperti yang diminta kepada Allah SWT.

"Ya Allah, "berikanlah kesehatan di dunia dan akhirat".

Orang sehat berarti punya segalanya. Sehat jasmani dan psikis adalah kehidupan di dunia. Sehat pikiran, emosi, sosial adalah rezeki yang tidak ternilai. Semoga menjadi orang yang bersyukur dan sabar. Dunia adalah kehidupan dan akhirat adalah tempat kembali.

"Ya Allah, "Selamatkan jasadku, selamatkanlah penglihatanku, dan jadikanlah ahli waris dariku "Tidak ada Tuhan kecuali Allah SWT yang mulia dan aris, Maha suci Allah SWT yang menguasai jagad raya dan segala puji bagi Allah SWT yang menciptakan alam semesta".

Wallahu a'lam bis sawab


No comments: