Wednesday, April 06, 2016

Kepribadian dan Gaya Hidup Mandiri

Kepribadian adalah suatu organisme yang ada dalam diri seseorang untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Kepribadian menurut Eysenck ada 3, pertama ekstraversi, neorotik, dan ketiga psikotik. Tipe ekstraversi adalah suatu organisme yang mendorong untuk hidup. Dorongan agar bisa bertahan dan melanjutkan hidup (survive) dalam hidup butuh tipe sosial, aktif dan asertif. Orang yang memiliki sifat tegas, akan aktif dalam berpartisipasi mencapai tujuan. Keterampilan bersikap asertiv bisa di latih. Asertiv adalah sikap diantara dua garis kontinum dengan dua sisi. Kedua sisi tersebut saling berlawanan,  sikap takut di ujung sebelah kiri, dan sikap berani di ujung paling kanan. Jika diambil titik asertiv berada diantara garis tengah yang mengarah ke kanan. Sikap tegas cenderung mendekati berani. Ciri-ciri perilaku asertiv ialah seseorang dapat mengungkapkan kebutuhan dan keinginan, pikiran, perasaan dengan lugas, sopan dan tidak memaksakan kehendak.



Sikap tegas dibutuhkan oleh setiap orang dan kelompok. Dalam kelompok, butuh pemimpin yang dapat mengarahkan dan menunjukkan tujuan yang akan di capai bersama. Pemimpin yang menerima saran dan kritik secara tulus. Dan pemimpin yang mau berubah ke arah yang lebih baik demi mencapai tujuan bersama secara efektif.

Latihan  bersikap asertiv juga mendorong individu aktif. Mampu beradaptasi dengan perubahan yang terus berlangsung. Asertiv dibutuhkan setiap orang merespon perubahan secara terus menerus.

Kepribadian neorotik adalah kepribadian yang cenderung mengalami kecemasan. Kecemasan yang tinggi menyebabkan sering takut, terasing, menghindar dan tidak bahagia. Orang yang diliputi rasa cemas berlebihan akan memandang hidup secara pesimis dan berpikir negatif. Pikiran negatif membuat energi hidup berkurang, energi habis untuk mengatasi emosi sedih, takut, dan trauma. Bayangan yang muncul adalah kegagalan dan beban yang berat. Tekanan tersebut menyebabkan orang diam dan tidak berbuat sesuatu. Mereka takut menghapi resiko. Mereka merasa akan menghadapi masalah besar.

Seorang selayaknya siap menjalani tantangan. Melihat peluang dan kesempatan untuk maju dan berhasil memecahkan masalah. Melihat karang sebagai keindahan, menikmati kesenangan hidup yang lebih cerah. Melihat ombak sebagai cahaya laut yang mempesona. Kekuatan kognitif untuk memaknai hidup dengan positif akan mengarah pada rada syukur dan berterima kasih pada realitas.

Kepribadian neorotik hanya akan menyebabkan kecemasan dan diam terhadap perubahan yang terjadi dan tidak pernah berhenti. Diam pada perubahan akan menjadi penonton yang tertinggal oleh dinamika. Pribadi neorotik cenderung diam, pasif dengan segala kejadian.

Kepribadian psikosomatik adalah kepribadian yang marah dan anti sosial. Mereka cenderung melancarkan agresi, dan ancaman pada orang lain. Mereka berpandangan bahwa kehadiran orang lain sebagai ancaman dan gangguan. Maka mereka yang memiliki kepribadian psikotik akan menindas, menekan, mengancam, membunuh orang yang menghalangi keinginan mereka. Mengapa mereka memiliki kepribadian psikotik? Karena terbentuknya kepribadian adalah hasil interaksi gen, dan pengalaman belajar serta lingkungan dimana individu tumbuh. Contoh, fenonena gengster yang berkelompok untuk menjalankan aksi kejahatan dan pengrusakan oleh geng remaja untuk tawuran, "trek-trekan", pergaulan dugem dan free seks adalah lingkungan yang akan mendorong mengembangkan kepribadian psikosomatik.

Kreatifitas yang dimiliki oleh tipe kepribadian psikotik sebaiknya diarahkan pada kreativitas yang positif. Ciptakan lingkungan belajar di sekolah. Kelompok remaja yang menyibukkan diri bersaing pada olimpiade sains dan matematika, olimpiade olahraga dan inovasi yang diciptakan untuk kemajuan hidup. Rasa setia kawan perlu ditunjukkan dengan cara menolong untuk mengatasi kesulitan teman dalampersoalan hidup, belajar dan kerja. Membantu kebaikan yang akan dijalankan bukan dengan kegiatan tawuran sekolah atau pengroyokan.

Ketiga kepribadian ekstraversi, neorotik dan psikotik memiliki kekuatan dan kelemahan. Kekuatan dari masing-masing individu menerima dan menyadari serta menemukan cara untuk menjalani hidup. Menurut Maslow, setiap orang punya rasa dan keinginan yang tidak pernah usai. Orang akan terus mencapai kebutuhan beraktualisasi diri. Menjalankan hidup yang memberi banyak manfaat bagi orang lain dan alam semesta. Mengembangkan diri dan memperbaiki kepribadian, adalah kebutuhan dasar manusia.

Gaya hidup mandiri adalah gaya hidup yang otonom, yaitu ditentukan oleh kebutuhan hidup berdasar pada keputusan diri secara realistik dan rasional. Cara hidup sederhana yang tidak menghambur-hamburkan uang. Gaya hidup yang terbebas dari tekanan trend hidonisme dan konsemerisme. Sederhanakan hidup maka kepekaan akan muncul menolong sesama.

Wallahu a'lam bishsawab.

2 comments:

ibu wulan said...

AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D
asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2
trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui
nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin
allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt,
sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami
mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW,
cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun
jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang
sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI,
malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya
dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali
lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal l
upa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin
pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet
tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh
temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke
ahliannya di teman2 facebook dengan jaminan tdk bakal kecewa,
jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami
telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya
KI PALAH kmi kenal lewat teman facebook sdh terbukti membantu
ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,
demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI,
sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang
dengan membawa hasil.
Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah
dlm 3x putaran.Hubungi 0823 8831 6351 atau kunjungi situs beliau dengan cara klik
>>>>KLIK DI SINI<<<<

yanmaneee said...

yeezy
russell westbrook shoes
christian louboutin
jordan shoes
off white clothing
lebron 15 shoes
christian louboutin outlet
jordan 11
goyard
kyrie irving shoes