Thursday, May 12, 2016

Persekolahan yang memberi ruang dan waktu untuk mencipta

Sistem persekolahan hari ini memproduksi murid-murid yang mengetahui banyak informasi, tetapi belum banyak murid yang mampu mencipta karya. Sekolah perlu memberi ruang dan waktu bagi murid berekspresi. Mencipta ide, gagasan dan teknologi. Kesimpulan yang penulis dapat dari pemaparan Daniel Ruslan Ghani.

Diskusi terfokus kajian teknologi peradaban leluhur di ITS, 11/05/2016.





Sistem persekolahan, membuat murid diseragamkan menguasai kompetensi secara terpusat dengan standar baku. Murid dipaksa belajar dikelas, dan hilang kesempatan belajar mengalami sendiri. Murid tidak mengalami kehidupan bekerja secara nyata dari orang tua. Tidak belajar sebagai pelayar maupun bertani secara langsung. Murid menghabiskan waktu banyak di dalam kelas, dan jarang mengalami langsung pekerjaan agraris dan maritim. Bukankah Indonesia adalah negara agraris dan maritim? Mestinya, kurikulum yang dirancang mengadopsi kekayaan lokal. Menjadikan lingkungan agraris sebagai laboratorium belajar untuk mempersiapkan kehidupan di masa depan. Belajar interaksi dengan alam dan kearifan lokal. Anak belajat sesuai dengan tanah kelahiran mereka.

Keadaan murid di sekolah, di cetak sebagai penghapal pengetahuan, tetapi tidak mampu menggunakan pengetahuannya dalam hidup kesehariaan. Murid dikatakan pandai kalau ia memperoleh nilai tinggi dalam ujian. Ujian yang diselenggarakan secara tulis maupun lisan. Murid menjadi terasing dengan konteks dunia dan lingkungan sekitar. Keterasingan ini menyebabkan para lulusan sekolah menganggur. Mereka bingung mengelola diri memanfaatkan kekayaan alamnya.

Akhirnya, sebagian orang memilih kota sebagai tujuan mencari kerja. Mereka tidak mampu mengelola ruang yang ada di desa dan berduyun-duyun ke kota untuk menjadi buruh (pekerja). Orang berkumpul dalam kepadatan penduduk. Segregasi sosial makin lebar. Pemiskinan massal terjadi seiring perbedaan pendapatan yang tinggi dan pembangunan terpusat di kota. Teknologi yang digunakan hasil cangkokan, bukan lahir dari karya kreatif seseorang. Semua serba impor dari luat negeri dan semakin kehilangan teknologi leluhur . Budaya dan bahasa para keluhur semakin hilang dari pengetahuan anak-anak.

Ironis, suatu karya membutuhkan ruang dan waktu untuk mengerjakan. Tetapi sistem kelas, menjadikan murid terkotak dalam waktu yang lama untuk belajar mengetahui saja, tanpa mengalami langsung dan mengerjakan proyek di wilayah agraris maupun maritim. Adakah kurikulum di sekolah dasar di daerah maritim yang merancang praktek bagi anak-anak melaut? Atau memperbolehkan muridnya ikut berlayar bersama orang tua atau pelatih mengarungi sungai/bengawan dan samudra?

Budaya urban ke kota menjadikan mereka hidup di daerah padat penduduk. Kepadatan membuat orang kehilangan ruang untuk mencipta. Sementara penduduk meninggalkan desa dan membiarkan desa-desa tidak dikelola dengan teknologi peradaban leluhur.

Orang-orang mencangkok ilmu pengetahuan dan teknologi dari luar negeri. Orang meninggalkan teknologi peradaban leluhur. Orang lebih bangga menggunakan transportasi mobil produk luar negeri, daripada menggunakan transportasi perahu atau kapal laut. Akibatnya, kota besar menjadi kota macet karena penuh dengan mobil. Mobil menjadi raja dan gengsi sosial. Padahal, jika melihat data kecelakaan motor dan mobil sering terjadi.

Teknologi leluhur nusantara yang pernah jaya dengan kemaritiman, kurang bergairah. Orang enggan meneliti khasanah masa kejayaan mojopahit. Kini, yang tersisa hanya artefak dalam relief dan cerita rakyat yang sudah asing di telinga anak. Menjadikan mojopahit sebagai masa depan adalah tantangan. Perlu penelitian antar disiplin ilmu. Penelitian nusantara masa depan yang mampu disegani bangsa lain.

Persoalannya, anak lebih suka menonton film asing dan bermain game on line daripada mengunjungi musium dan bermain bebas bersama alam. Anak-anak dan orang dewasa makin menurun kesehatannya karena kurang bergerak. Hidupnya pasif dan menghabiskan banyak waktu dengan diam menggunakan hand phone.

Orang menjadi konsumtif dan ketergantungan tinggi pada produk asing. Untuk mengembalikan fungsi manusia yang memiliki nilai dan daya cipta, maka sistem sekolah perlu berbenah. Menetapkan standar mutu sesuai dengan keadaan dan minat siswa yang berinteraksi dengan alamnya. Menjadikan minat siswa sebai pusat perhatian, dikembangkan dan difasilitasi oleh guru. Bukan dengan memaksa murid mengikuti standar kompetensi dari pusat yang belum tentu sesuai dengan kondisi alam sekitar.

Metode investigatif perlu dikembangkan di sekolah, dengan memberi ruang belajar di alam bebas bersama air, angin, udara, laut dan tanah serta gunung dan tebing. Biarkan anak-anak berinteraksi dengan dunianya yang akan menjadi masa depan mereka. Bukan didikte oleh kepentingan asing, tetapi tegak menjadi pemimpin di tanah air sendiri.

Kesempatan beasiswa bagi anak nelayan dilihat
http://m.detik.com/finance/read/2016/05/12/185733/3209258/4/susi-saya-cari-anak-sma-juara-1-5-untuk-jadi-doktor-bahari-di-luar-negeri?f9911023. Semoga berguna.


Waallahu a'lam bis sawab.


5 comments:

ibu wulan said...

AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D
asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2
trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui
nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin
allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt,
sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami
mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW,
cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun
jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang
sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI,
malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya
dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali
lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal l
upa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin
pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet
tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh
temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke
ahliannya di teman2 facebook dengan jaminan tdk bakal kecewa,
jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami
telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya
KI PALAH kmi kenal lewat teman facebook sdh terbukti membantu
ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,
demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI,
sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang
dengan membawa hasil.
Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah
dlm 3x putaran.Hubungi 0823 8831 6351 atau kunjungi situs beliau dengan cara klik
>>>>KLIK DI SINI<<<<

yanmaneee said...

yeezy boost 350
kd 11
supreme clothing
retro jordans
longchamp
kobe 11
offwhite
balenciaga
goyard
lebron 10

Unknown said...

zeal replica bags reviews read more g6s39x1m61 replica bags from china free shipping published here l1t91l1g23 replica louis vuitton zeal replica bags reviews w1e86s5b02 replica bags hong kong replica gucci handbags r9h89a9h17 replica bags prada

cepeth said...

Visit Your URL Dolabuy Gucci click this over here now Dolabuy Bottega Veneta visit this site best replica designer

mcnene said...

h0h51z9p98 m3k71z6k82 t6z97d1y50 k0a91n1m63 p3k59m1h91 j2v79x1g08