Friday, May 20, 2016

Ngaji bersama Ustadz Maulana menemukan Kesadaran Berbasis Kearifan Lokal

Persembahan pemerintah kabupaten Probolinggo menyelenggarakan pengajian bersama ustadz Maulana, pada hari sabtu 21 Mei 2016 di Islamic centre. Undangan ngaji bersama Ustadz Maulana dengan tema "Pendidikan agama dalam keluarga sakinah mawaddah warahmah". Membaca undangan tersebut, saya senang karena saya dapat menyaksikan langsung ceramah Ustadz Maulana, yang biasanya disiarkan di trans tv. Saya terpikir, saya akan melihat, menyaksikan, dan belajar seni pidato yang humoris dari Ustadz Maulana. Sebagai seorang guru, saya ingin meniru seni penyampaian ceramah yang lucu, santai, dan penuh makna. Sebagai seorang konselor, saya tertarik dengan teknik ceramah yang membangun kesadaran jamaah dengan doa dan dzikir. Rasa ingin tahu tersebut yang mendorong kuat bagi saya untuk meluangkan waktu menghadiri ngaji bersama Ustadz Maulana.

Undangan Ngaji 


Penyelenggara acara Ngaji adalah Dinas Pendidikan yang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB), GOBTKI dan GOW Kabupaten Probolinggo serta Radar Bromo, Jawa pos. Peserta yang datang mayoritas didominasi oleh bunda-bunda GOW, GOPTKI, K3S, IGTK, IGTKI, Guru PAUD dan IGRA, PKK, dan kepala dinas di Kabupaten Probolinggo. Apa yang menarik dari ceramah ustadz Maulana?

1000 jamaah ngaji bersama Ustadz Maulana, Sabtu 21 Mei 2016 di Islamic Centre  Kraksaan Probolinggo

Acara berlangsung khusus, karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun kabupaten Probolinggo, hari pendidikan dan hari kebangkitan nasional. Acara ini terasa khusus juga bersamaan nisfu sya'ban. Sambutan ibu Yuni Nawi, sebagai ketua panitia mengucapkan terima kasih pada Ustad Maulana. Ngaji bersama adalah sinergi bersama dari berbagai pihak. Yang hadir mencapai 1000 dari keluarga guru.

Ada beberapa tantangan bagi para ibu seiring maraknya kekerasan kepada anak. Thema pengajian adalah pendidikan anak menuju keluarga sakinah.


Sementara sambutan ibu Tantri Hasan Aminuddin mengharapkan manfaat dari kegiatan ini sebagai silaturrahmi dan peningkatan sumber daya manusia.

Ibu Bupati nengucapkan selamat ulang tahun ke 59, untuk organisasi guru TK. Guru TK telah membantu pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak. Maraknya berita di media on line, tentang kasus penyalahgunaan narkoba dan seks yang dilakukan oleh segelintir orang. Keresahan itu bisa dilihat dari maraknya inses (pemerkosaan yang dilakukan dalam keluarga yang memiliki ikatan darah) seperti ayah memperkosa anak kandungnya sendiri, anak diperkosa kakek, atau pamannya sendiri. Hal ini terjadi di kabupaten Probolinggo. Menurut Bupati, kekerasan seks telah terjadi pada anak kelas satu sekolah dasar, yang mengaku pada ibunya telah diperkosa oleh pamannya sendiri sejak usia empat tahun.

Untuk itu, refleksi bagi ibu yang bekerja, jarang sekali punya waktu untuk mengasuh anaknya sendiri, sehingga lebih percaya pada pembantu.

Ngaji bersama Ustadz Maulana, menarik perhatian, karena pernah mengajar TK, 1988-2010, jadi guru TK. Guru senam, olahraga, tari. Guru SD sejak tahun 1994-2010. Pengajar di SMP/SMA. Sekarang fokus berdakwah. Sehingga istri saya "televisi".

Topiknya nisfu syakban, romadhon, keluarga sakinah.
Romadhan tinggal lima belas hari.

5 doa yang wajib digapal, doa sebelum tidur, bangun tidur, doa sebelum makan, doa sesudah makan dan doa keluar rumah. Doa sebelum tidur penyerahan diri, dan bersyukur. Doa makan minta ijin dan berterima kasih. Doa keluar rumah untuk perlindungan diri Allah SWT.

Hikmah isra' mi'raj adalah banyak sekali, antara lain, Pendidikan praktis ala langit, nabi Mugammad bertemu nabi Adam AS di langit dunia. Menandakan pendidikan bahwa anak perlu di didik oleh nenek. Jangan pisahkan anak dengan nenek. Pada langit kedua bertemu dengan nabi Nuh dan Idris, ada apa dengan nabi Nuh dan nabi Idris AS. Ajarkan anak keterampilan. Langit ketiga bertemu dengan nabi Sulaiman AS, ternyata nabi Sulaiman ahli bahasa. Perlu mengajarkan anak berbagai bahasa. Keempat, nabi bertemu dengan nabi Yusuf AS, ahli Administrasi . Langit kelima bertemu dengan nabi Harun, ahli humas dan retorika. Halus tutur kata. Langit ke enam nabi Muhammad AS bertemu dengan bertemu nabi Musa AS. Ketemu dengan ahli negara. Bertemu dengan nabi Ibrahim AS, yaitu ahli agama.

Pendidikan anak usia 0-7 tahun perlakukan anak bagaikan raja dan ratu. Tahun 7-14 tahun didik pendisiplinan tahun 14-21 didikkah anak seperti sahabat.

Surat ibrahim ayat 40 untuk anak agar rajin solat. Setiap melihat anak, bilang masyaAllah. Apabila anak tidur tiap al Qodr 3 x. Pada sisi sebelah kanan tiupkan pada telinga. Cara membangunkan anak dengan cara mengucapkan "Assalamualaikum Wr. Wb.". Bangun nak....

Doa buat anak, membacakan surat Ar-rahman.  Anak harus di aqiqah. Makna aqiqah adalah untuk menghilangkan sifat binatang. Aqiqah binatang kambing untuk aqiqah. Aqiqah

Guru berdoa yang akan menguasai kelas. Mengabsen anak dan pengenalan anak. Anak perlu guru lemah lembut. Baca surat ali imran, ayat 200. Kalau anak ingjn takut oada Allah SWT bawa ziarah kubur. Kalau ingin anak rajin sholat bawa ke masjid.

Kalau ingin anak empati, maka bawa anak ke panti asuhan. Dia belajar bagaimana antri dan makan bersama. Sering-sering membesuk orang sakit, maka anak bersyukur dan menjaga kesehatan.

Pulang solat jum'at, sajadah diambil, anak suruh duduk bersila, lutut ibu bertemu dengan lutut anaknya. Baca do'a diubun-ubun anaknya, rabbi zidni ilma, warzukni fahma. Kemudian membaca ibacakan doa nabi Musa. Kemudian membaca shalawat kepada nabi dan membaca taawudz agar syetan keluar dari dalam dirinya.

Apabila anak panas, bacakan sholawat nabi. Kepala anak dikompres.

Tidak perlu memikirkan kenikmatan. Jangan mengeluh di depan anak. Jangan pernah memarahi anak.

Tugas guru, adalah memberi kebaikan kepada anak. Ibu tiga kali lipat ujiannya. Ibu yang mengandung, melahirkan, memelihara. Sedangkan bapak bagian bertanggung jawab.

 Orang kaya jangan mengeluh, jangan punya musuh, syukuri nikmat. Jangan pernah musuh, ibu akan miskin.

Allah SWT membuka amalan, solat sunnah awwabin. 2, 2, 2, yang dibaca surat pertama surat al ikhlas, sebelas kali. Rokaat kedua, baca al ikhlas sebelas.

Subuh membaca surat waqiah minta rezeki.  Duhur membacs arrahman untuk minta ditetima ibadah. asar assajadah, berokah hiduku, magrib membaca yasin, ampuni dosa. Waktu isyak baca surat al-mulk.
Iu
Rahasia nabi makan dengan satu macam.

Kenapa surat waqiah adalah kekayaan. Arti waqiah adalah kiyamat. Surat waqiah ayat ayat 10. Wassabiqunas sabiqun. ada golongan yang terdepan atau terdahulu masuk surga.
 Ayat 59, rezeki ada empat, yaitu rizki anak
Ayat 64, tanah
Ayat 69 air
Ayat 72 api.
Siapa yang kasih rezeki Anak? Allah SWT
Ayat 74. Maka bertasbihlah atas nama Allah. Rahasia ayat di ayat 89. Rezeki tentang nikmat.96. Maka bertasbihlah kepada Allah.

Ada lima kekayaan, harta sebagai kepemilikan. Rezeki ada 3, yang dimakan, dipakai dan disedekahkan.

Karunia, alat atau usaha. Orang perlu usaha.

Kekayaan yang keempat adalah ketentraman.

Puncak rezeki adalah nikmat. Biar makan enak, tapi sakit gigi. Apalah rasanya,

Taqdir Allah SWT dibuka pada malam nisfu syakban dan malam lailatul qodar.

Romadlon telah tiba disunnahkan sujud syukur. Niat pada malam pertama ramadlon untuk berpuasa sebulan penuh. Ya  Allah, saya berniat puasa sebulan penuh. Amalan pahala bagi orang yang solat tarawih di bulan suci ramadlan, yaitu:

1. Malam pertama romadlan ampunan dosa, solat taraweh 2. Ampunan dosa 2 tahun ,
3. Ampunan dosa kedua orang tua
4. Pahala khatam quran
5. Pahala solat di masjidil haram
6. Pahala thawaf
7. Pahala Nabi Musa
8. pahala nabi Ibrahim
9. Pahala Nabi Muhammad
10. Kebaikan dunia akhirat
11. Khusnul khotimah
12. Pahala wajahnya laksana bulan purnama.
13. Terhindar dari segala menakutkan
14. Disaksikan malaikat
15 didoakan malaikat arasy
16. Dicatat penghuni surga
17. Pahala para nabi
18. Digolongkan orang sholeh
19. Digolongkan mati syahid
20. Dimasukkan surga firdaus
21. Dibangunkan satu rumah di surga
22. dibangunkan istana
23. dibangunkan satu kota
24. Doa dikabulkan
25. Terhindar siksa kubur
26. Pahala 40 tahun ibadah
27. Dimudahkan di jalan sirotul mustaqim
28. Diangkat 1000 derajat
29. Pahala haji
30. Pahala memasuki pintu surga

Yang ditolak romadlan
Anak yang belum minta maaf kepada orang tua
Istri yang belum dimaafkan oleh suami
Orang yang belum meminta maaf kepada sesama.

Ada tiga doa yang istijabah oleh Allah SWT, doa orang musafir, doa orang teraniaya dan doa orang tua.

Wallahua'lam bis sawab

6 comments:

ibu wulan said...

AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D
asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2
trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui
nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin
allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt,
sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami
mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW,
cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun
jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang
sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI,
malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya
dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali
lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal l
upa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin
pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet
tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh
temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke
ahliannya di teman2 facebook dengan jaminan tdk bakal kecewa,
jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami
telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya
KI PALAH kmi kenal lewat teman facebook sdh terbukti membantu
ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,
demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI,
sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang
dengan membawa hasil.
Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah
dlm 3x putaran.Hubungi 0823 8831 6351 atau kunjungi situs beliau dengan cara klik
>>>>KLIK DI SINI<<<<

Unknown said...

qzz0707
adidas wings
michael kors outlet
mulberry handbags
michael kors outlet
chopard jewelry
nba jerseys
malone souliers
jordan shoes
michael kors outlet
michael kors outlet online

yanmaneee said...

michael kors outlet
yeezy boost
longchamp handbags
air max 2019
yeezy boost 350
golden goose
christian louboutin
adidas ultra boost
nike vapormax
fila shoes

yanmaneee said...

ralph lauren uk
golden goose outlet
michael kors handbags outlet
kyrie 6 shoes
golden goose
longchamp
longchamp handbags
air max
michael jordan shoes
jordan shoes

nacho said...

i loved this helpful site go to this web-site click reference pop over here important source

Unknown said...

navigate here Fendi Dolabuy i loved this high end replica bags useful source high replica bags