Tuesday, May 10, 2016

Memotivasi Anak dengan Pendekatan Psikologis dan Religius

Memotivasi anak bisa dilakukan dengan pendekatan religius. Motivasi religius adalah dorongan untuk melakukan sesuatu berdasarkan tujuan agama. Tujuan yang disandarkan pada Allah SWT bisa menjadi spirit yang kuat. Contoh, ketika anak akan mengikuti lomba, maka orang tua dan guru perlu mengingatkan anak untuk niat, tampil terbaik mencari kerelaan Allah SWT. Hal ini berguna bagi anak. Ketika anak kalah dalam lomba, maka akan tetap bertahan, apabila anak meraih juara, maka ia tidak sombong.





Memberi motivasi anak senang belajar tidaklah mudah. Perlu usaha dari guru dan orang tua. Guru mendidik anak dengan kesungguhan. Guru melakukan amalan yang bisa mengantarkan pelajaran yang disampaikan menarik bagi anak. Dalam Islam, guru dianjurkan membaca al-Qur'an dan ilmu pengetahuan, menjaga wudlu' agar mengajarnya mudah diserap oleh anak. Jika guru dalam keadaan suci memberi ilmu, maka terjaga dari amarah, sombong, dan sifat yang merusak lainnya. Guru perlu "wiridan" (amalan do'a) yang dibaca secara rutin dan kuntinyu waktu pagi dan sore hari. Berpuasa senin dan kamis, solat malam (tahajud) dan mendoakan anak didiknya menjadi ahli ilmu dan beramal sholeh. Menjaga diri dari berbuat maksiyat.

Karakter mulia yang menjadi ciri khas guru Islam. Karakter mulia akan ditiru dan diteladani oleh murid. Guru tidak hanya pandai menerangkan ilmu, tetapi juga membuktikan ilmunya dalam keseharian yang bisa diamati dan dicontoh oleh siswa. Kebiasaan baik yang terus menerus dilakukan akan membentuk akhlak mulia. Sebaliknya, kebiasaan buruk akan menuai gangguan dan penyimpangan.

Gangguan dan penyimpangan anak.

Gangguan anak yang terbesar hari ini adalah kecanduan sosial media, game online, dan berbuat maksiyat. Apa gangguan yang dialami oleh anak-anak sekarang? Ada gejala anak menikah setelah hamil, korban perkosaan, kecanduan minuman keras dan alkohol serta narkotika. Anak berani mencuri dan menjambret akibat kecanduan narkoba, mereka melakukan tindakan kriminal. Bentuk -bentuk penyimpangan seperti pergaulan bebas, judi, tawuran, balapan liar, membolos sekolah, hamil diluar nikah, kecanduan miras dan narkoba dll. Bentuk penyimpangan sosial mengarah ke kenakalan remaja.

Ànak adalah amanah. Anak bisa juga menjadi fitnah dan ujian. Anak yang menjadi cahaya hati bagi orang tua. Anak yang taat pada orang tua, dan mendoakan orang tua. Orang tua yang mendidik anak agar anak bisa menjadi cahaya mata. Iman akan mengantarkan anak-anak bersikap taat pada Allah SWT, dan mampu melihat harta, jabatan dan tahta sebagai sarana ibadah kepada Allah Swt.

Cara memotivasi anak membutuhkan rasa kasih sayang dan kesabaran. Model pendekatan yang bersahabat dengan anak dapat diperankan oleh guru. Guru bisa menempatkan diri dan waktu, kapan berperan sebagai fasilitator, teman, pendamping, pengasuh, pendidik, pembimbing bagi anak. Kehadiran guru menolong anak untuk mengenali dunia, dan menyiapkan masa depan. Guru perlu bersifat kasih sayang dalam pengasuhan anak. Anak-anak perlu dididik dengan hati dan cinta. Anak-anak perlu rasa percaya dari orang tua, bahwa mereka diterima dengan tulus. Anak-anak ingin figur orang sukses. Anak butuh belajar dari orang-orang sukses, tentang proses menjadi orang sukses. Belajar dari proses membutuhkan ketangguhan, kesabaran dalam meraih sukses.

Anak butuh perlindungan dari orang tua àgar tidak melakukan penyimpangan sosial. Jika anak remaja mengalami gangguan, seperti benang yang sudah "morat marit"  makin "bulet" hidupnya. Dampak penyimpangan akan membuat putus sekolah, putus asa, dan hilangnya harapan dan cita-cita.

Lingkungan yang patut diwaspadai adalah tempat pariwisata. Di daerah pariwisata ada gejala rumah disewakan untuk kepentingan wisata. Para penyewa ada yang kepentingan baik dan tidak baik. Penyewa yang tidak baik, digunakan mesum dan perselingkuhan. Maka, pergaulan bebas di lingkungan yang wisata yang bebas, berdampak maraknya perempuan melahirkan sebelum menikah.

Bagaimana membentengi anak-anak dari gangguan? Dalam pendekatan psikologi Goleman menganjurkan untuk nendengarkan suara hati. Dengarkan suara anak dengan hati. Anak perlu didengar dan diperhatikan. Terlebih perkembangan psikis, moral, sosial dan emosi serta akademik. Orang tua perlu bertanggung jawab terhadap keselamatan dan tumbuh kembang anak. Kebanyakan, orang tua hanya sibuk memberikan kebutuhan fisik, berupa makan dan minum serta pakaian anak saja, tetapi lupa memperhatikan perkembangan religius, moral, kognitif, emosi dan sosial anak. Anak dilatih religius seperti solat lima waktu dengan kesadaran, rajin membaca al-Qur'an dan buku pelajaran, berpuasa, zakat dsn beramal sholeh. Beramal sholeh dengan melatih anak memiliki empati, ikhlas, jujur dan menerima diri, kontrol diri, percaya diri dan asertif. Pengembangan kognitif anak diasah dengan keterampilan berpikir kreatif, inovatif, memecahkan masalah serta terampil membuat produk yang bisa bermanfa'at dalam kehidupan orang banyak. Untuk itu anak dilatih menggunakan waktu dengan kegiatan bermanfaat. Doronglah anak memiliki hati senang belajar.


Wallahua'lam bis sawab




3 comments:

ibu wulan said...

AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D
asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2
trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui
nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin
allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt,
sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami
mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW,
cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun
jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang
sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI,
malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya
dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali
lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal l
upa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin
pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet
tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh
temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke
ahliannya di teman2 facebook dengan jaminan tdk bakal kecewa,
jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami
telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya
KI PALAH kmi kenal lewat teman facebook sdh terbukti membantu
ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,
demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI,
sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang
dengan membawa hasil.
Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah
dlm 3x putaran.Hubungi 0823 8831 6351 atau kunjungi situs beliau dengan cara klik
>>>>KLIK DI SINI<<<<

yanmaneee said...

yeezy boost 350
kd 11
supreme clothing
retro jordans
longchamp
kobe 11
offwhite
balenciaga
goyard
lebron 10

nydu said...

replica bags ru you can look here i9n75u5b18 louis vuitton replica bags neverfull go right here z8f91r4i64 high quality replica bags 7a replica bags meaning replica bags wholesale india hermes fake i8p96w9m71 replica ysl bags australia