Thursday, April 21, 2016

Hari Kartini Simbol Emansipasi Perempuan.

Kartini sebagai tokoh emansipasi perempuan perlu dimaknai dalam bingkai kekinian. Bagaimana perjuangan para perempuan mendobrak budaya patriarkhi di era digital?


Sekarang, Indonesia telah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean. Suatu masyarakat yang terbuka dalam akses lintas negara. Perempuan sebagai pelaku utama dalam menentukan hidupnya memerlukan kemandirian.  Mandiri dalam menentukan hidupnya dan membuat keputusan setiap saat demi menggapai masa depan yang lebih baik. Memutuskan dengan nalar rasional bukan emosional.

Di zaman teknologi, perempuan perlu belajar dan menggunakan teknologi untuk kesejahteraan dirinya. Meraih pendidikan setinggi-tingginya, mengasah potensi dan terus belajar keterampilan hidup.

Perempuan saat ini makin sibuk dengan peran ganda. Antara mengurus kebutuhan keluarga dan mengembangkan karier di luar rumah. Kompleksitas zaman digital menuntut perempuan serba praktis. Perempuan perlu menguasai teknologi dan menggunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mengirim surat via email, hand phone, membantu mempermudah urusan. Terlebih bagi mereka yang sakit, berkebutuhan khusus atau masalah transportasi.

Penggunaan teknologi menjadi alternatif untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas-tugas karena kendala jarak dan waktu. Perempuan dituntut untuk menguasai teknologi, meningkatkan kompetensi keilmuan dan keterampilan mencapai hidup yang sederhana, fleksibel dan mudah. Kemudahan hidup akan mendorong orang lebih bahagia.

Bagaimana memahami diri sebagai perempuan? Pemahaman yang utuh tentang diri hanya diperoleh diri pribadi. Perempuan sendirilah yang bisa mengetahui dengan benar. Hanya diri yang  menilai dan memahami cerita dirinya secara jujur. Bebaskan diri untuk mengekspresikan ide, gagasan, kemauan, harapan agar perempuan dapat memperoleh kekuatan diri meraih kesamaan, keadilan dan kesejahteraan.

Penerimaan diri perempuan akan anugrah Tuhan YME, akan mengantarkan rasa syukur. Kenikmatan kecantikan, bentuk tubuh, penglihatan, pendengaran dan ucapan perlu disyukuri. Sayang, hanya sedikit perempuan yang menilai kelebihan dengan syukur kepada Tuhan YME. Padahal jika perempuan bisa mensyukuri anugrah Ilahi, akan bisa menjaga kehormatan diri. Perempuan bisa menghargai dirinya dan tidak menjual dengan harga yang rendah.

Maraknya korban perdagangan manusia, terutama perempuan yang dijual dan bekerja prostitusi adalah perbudakan yang nyata di era digital. Maraknya LGBT (Lesbi, Gay, Biseksual, Trans gender) adalah bentuk penyimpangan seksual. Pencabulan dan pemerkosaan anak-anak perempuan bentuk penindasan dan perampasan hak hidup.

Demikian juga, maraknya korban kosmetik yang menyebabkan kangker kulit pada perempuan dikarenakan perempuan kurang informasi dan tidak tahu dampak penggunaan kosmetik yang dibeli dan dipakai. Perempuan menjadi korban konsumerisme, hidonisme dan materialisme.

Dampak kosmetik yang menggunakan zat pemutih yang mengandung mercury berbahaya bagi perempuan. Alih-alih ingin tampil putih justru menderita iritasi kulit. Ketika perempuan sadar diri bahwa kendali diri ada pada dirinya, maka godaan iklan kecantikan tidak akan membuatnya tergiur. Tidak mudah menerima informasi tanpa tahu sumber yang akurat. Perempuan jangan mudah terbawa arus informasi yang tidak jelas. Informasi perlu difilter dan digunakan untuk keperluan yang bermanfaat dalam hidup.

Kecantikan perempuan merupakan kesatuan pikiran dan perasaan yang dikelola dengan  indah oleh kata hati, rasional dan moral agama. Kecantikan perempuan yang asli adalah mewujudkan perilaku yang mulia dihadapan Allah SWT dan berbuat baik kepada sesama manusia.

Emansipasi perempuan adalah perjuangan mencapai kemajuan. Mengurangi penderitaan dan meningkatkan karakter. Membangun peradaban yang egaliter dan penuh kasih dan sayang.

Wallahu a'lam bis sawab.

3 comments:

ibu wulan said...

AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D
asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2
trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui
nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin
allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt,
sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami
mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW,
cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun
jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang
sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI,
malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya
dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali
lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal l
upa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin
pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet
tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh
temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke
ahliannya di teman2 facebook dengan jaminan tdk bakal kecewa,
jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami
telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya
KI PALAH kmi kenal lewat teman facebook sdh terbukti membantu
ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,
demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI,
sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang
dengan membawa hasil.
Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah
dlm 3x putaran.Hubungi 0823 8831 6351 atau kunjungi situs beliau dengan cara klik
>>>>KLIK DI SINI<<<<

yanmaneee said...

golden gooses sneakers
off white
louboutin shoes
yeezy boost
supreme clothing
air max 97
yeezy boost 350
supreme
balenciaga
adidas ultra

seaubea said...

e4c67t7q08 c5c91l4h03 t4m44k5j25 x2v99l8s12 r6y28q8h02 i2p60c9o23