Monday, March 28, 2016

Perlindungan Buruh Migran

Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang memberi kesempatan untuk menjelaskan tentang perlindungan buruh migran pada hari Senin, 28 Maret 2016 di pendopo kecamatan Paiton.
Penyelenggara kegiatan ini adalah Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo, yang di wakili oleh Kasi Perlindungan Sosial, Ibu Nur Hayati, M. Si. Beliau bekerjasama dengan Dinas Transmigrasi yang diwakili oleh Bapak Usman Ali dan Penulis dari Unesa memaparkan materi Trafficking.





Mengapa perempuan perlu memperoleh perlindungan? Karena perempuan paling banyak jumlahnya yang mengalami tindak kekerasan dan target trafficking sebagai pekerja seks komersial. 90 % korban kekerasan dalam sektor rumah tangga dialami oleh perempuan.
Perempuan adalah tiang negara, jika perempuan baik, maka maju negaranya, ujar peserta pelatihan. Sebagian mengatakan karena perempuan lemah, sehingga harus di lindungi.


Menurut (Usman Ali 2016) masyarakat mengidap problem serba instant. Mereka seringkali menggunakan jalan pintas untuk menempuh jalan hidup. Zaman globalisasi memungkinkan orang berpindah tempat secara cepat. Hal itu mempengaruhi cara pandang untuk merubah nasib dengan cara mudah, tidak mau repot.

Pembukaan sosialisasi buruh migran, Senin, 28 Maret 2016 di kec. Paiton


Cara instant dengan serangkaian menghalalkan segala cara telah dilakukan oleh organisasi kejahatan internasional. Organisasi yang berjejaring menjalankan bisnis trafficking. Trafficking atau perdagangan manusia ialah segala transaksi jual beli manusia. (Wikipedia,2016). Trafficking ialah aktivitas yang dilakukan dengan cara mengancam, memanipulasi, memalsukan serta mengeksploitasi manusia. Kegiatan trafficking dimulai dengan rekruitmen, pengiriman, pemindahtanganan, serta penampungan dan penerimaan.
Trafficking adalah bentuk eksploitasi manusia yang berupa pelacuran, kerja paksa, perbudakan dan pengambilan organ tubuh.



MengapĂ  kerja buruh migran menjadi polemik saat ini? Menurut Yasin, Camat Paiton, karena masyarakat banyak yang tidak tahu prosedur. Rata-rata mereka berangkat dari desa ke luar negeri untuk memperbaiki nasib dan ekonomi.
Warga yang tidak tahu informasi seringkali mengalami masalah. Dalam dinas tenaga kerja, disebut TKIB (Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah) yaitu tenaga kerja ilegal atau tidak resmi.
Menurut Usman Ali, kantong-kantong TKI di Kabupaten Probolinggo ada di Kotaanyar, Paiton, Tiris, Gading. Untuk itu kehadiran kepala desa sangat bermanfaat untuk melindungi warga di kecamatan Paiton ini. Ujarnya.

Bagaimana cara mengurus kerja ke luar negeri secara legal? Pertama, ada ijin dari suami atau istri bagi yang sudah menikah. Atau ijin orang tua bagi seorang anak. Kedua, memiliki KTP berarti usia diatas 17 tahun. Ketiga, memiliki ijasah minimal tingkat sekolah dasar. Keempat, ada PJTKIS yang akan mengurus perijinan dan dokumen pemberangkatan. Kelima, bersedia mengikuti pelatihan selama 3 bulan di BLK (Balai Latihan Kerja). Semua biaya gratis, dan akan di potong nanti setelah bekerja oleh PJTKI selama 3 bulan sebagian dari gaji yang di peroleh buruh migran.

Pertanyaan dari kepala desa Taman Badrus Sholeh, "bagaimana pencegahan trafficking?". Cara mencegah trafficking ialah dengan cara penguatan pendidikan dan keterampilan bagi anak muda, memberikan perlindungan hukum dan undang-undang bagi pekerja buruh migran, menjaga keselamatan oleh semua pihak, yaitu pemerintah, penegak hukum, masyarakat sipil dan media serta buruh migran sendiri.

Semoga bermanfa'at. Wallahua'lam bis sowab.

3 comments:

ibu wulan said...

AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D
asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2
trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui
nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin
allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt,
sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami
mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW,
cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun
jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang
sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI,
malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya
dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali
lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal l
upa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin
pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet
tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh
temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke
ahliannya di teman2 facebook dengan jaminan tdk bakal kecewa,
jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami
telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya
KI PALAH kmi kenal lewat teman facebook sdh terbukti membantu
ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,
demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI,
sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang
dengan membawa hasil.
Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah
dlm 3x putaran.Hubungi 0823 8831 6351 atau kunjungi situs beliau dengan cara klik
>>>>KLIK DI SINI<<<<

yanmaneee said...

jordans
cheap jordans
supreme
kyrie 5 shoes
birkin bag
michael kors outlet online
kyrie 5
jordan sneakers
air max 2018
coach outlet sale

stitched salwar kameez wholesale said...

Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang memberi kesempatan untuk menjelaskan tentang perlindungan buruh migran pada hari Senin, 28 Maret 2016 di pendopo kecamatan Paiton. salwar suits wholesaler , stitching factory ,