Monday, May 15, 2006

Cerita dari USA: Chicago Multikultural


Rombongan Indonesia yang mengikuti program CCE dan Heartland International telah tiba di Chicago. Saya termasuk salah satu dari rombongan tersebut. Inilah oleh-oleh selama di sana...

***


Cerita dari USA: Chicago Multikultural


Oleh: Najlah Naqiyah


Rombongan Indonesia yang mengikuti program CCE dan Heartland International telah tiba di Chicago. Saya termasuk salah satu dari rombongan tersebut. Negara Illinois adalah negara bagian amerika serikat yang pertama dikunjungi oleh peserta. Illinois memiliki kota Chicago yang sangat megah. Chicago memiliki budaya yang sangat khas, diantaranya adalah sikap yang ramah kepada orang lain. Di Chicago merupakan negara bagian ketiga yang sangat ramai. Setiap harinya, banyak orang yang bekerja di Chicago. Mereka bekerja dengan berbagai macam pekerjaan seperti bisnes, perkantoran dan perindustrian. Penduduk Chicago terdiri dari beragam. Mulai dari orang kulit hitam, kulit putih dan kulit coklat, mereka memperoleh kesempatan yang sama untuk bekerja.

Chicago adalah suatu model kota yang menerapkan kehidupan multikultural. Banyak perbedaan yang nampak dari berbagai agama, ras, etnik yang hidup dan bekerja di kota Chicago. Penduduk kota Chicago sebagian terdiri dari orang-orang beragama kristen, katolik, Islam, Hindu, Budhis dan bahkan atheis. Semua penduduk salaing menghargai satu dengan yang lain. Penulis merasa tidak adanya diskriminasi sebagai warga asing yang berkunjung ke Chicago. penulis menikmati pesta rakyat Chicago dengan bercampur baur bersama-sama dengan mereka. Ada hal ketakjuban yang penulis rasakan tentang keramahan orang-orang Chicago saat bertemu. Selama ini, penulis mengenal orang-orang Amerika sangat membenci kepada muslim, tetapi ketika penulis bersama penduduk asli Chicago Amerika, tidak ditemukan kebencian mereka terhadap penulis yang kebetulan seorang muslimah yang berjilbab. identitas penulis sebagai muslim sangat dihargai.

Penulis dengan teman-teman lain, menghabiskan waktu pertama datang dengan mengunjungi Lake Michigan, sebuah danah yang sangat indah di kota Chicago.Danau tersebut dikelilingi oleh kebun tulip yang sangat cantik. Bunga-bunga tulip bermekaran dengan warna-warni yang cerah, seakan menyambut kedatangan penulis bersama rombongan Indonesia. Penulis berkeliling danau dengan senang hati dan sejenak memotret pemandangan yang ada. Sebuah danau yang ada di dekat gedung-gedung mencakar langit. sepanjang jalan, penulis perhatikan orang-orang yang berjalan kaki selalu mendapat prioritas dari orang-orang yang menaiki kendaraan seperti mobil, bus. para pejalan kaki di Chicago sangat santai dan mengikuti aturan kapan mereka harus berhenti dan menyebrang di jalan. sungguh, pemandangan yang baru bagi penulis, dimana di Indonesia para pejalan kaki sangat tersisihkan dan tidak mendapat banyak kesempatan untuk menyebrang dengan santai.

Chicago adalah miniatur kota yang mengedepankan rasa disiplin, solidaritas, dan kebebasan. Hal itu terlihat oleh penulis dalam perjumpaan dengan mereka. sebagian besar penduduk yang penelis temui sangat ramah, dan senang membantu orang lain. Penulis melihat peradaban mereka telah terbentuk. Dimana peraturan berjalan dengan tegak. Para penduduknya telah menjalankan peraturan dengan kesadaran yang tinggi. Penulis jarang menemukan polisi yang mengatur lalu lintas, sebab para pengendara dengan sadar mengikuti peraturan lampu lalu lintas dan petunjuk sesuai dengan ketentuan. Para polisi tidak menampakkan ketakutan bagi penduduk chicago, justru sikap mereka sangat penolong. Suatu pelajaran yang membuat penulis bertanya, bagimana menyadarkan penduduk di Indonesia, yang mayoritas muslim, tetapi masih jauh dari disiplin ketika di jalan raya?

Pertanyaan demi pertanyaan menyapa relung hati penulis, ketika melihat kemajuan demikian pesatnya di kota Chicago, Bagaimana penduduk Chicago membangun kotanya dengan indah? Banyak gedung tinggi mencakar langit, kereta bawah tanah yang super cepat, musium yang terawat. Kereta bawah tanah dan bis-bis yang ada, biasanya sangat tepat waktu sehingga banyak membantu penduduk untuk sampai ketempat kerja dengan cepat dan tepat waktu. Pemandangan ini membuat iri hati penulis tentang keadaan bangsa Indonesia yang masih jauh dari fasilitas umum bagi penduduk, dibandingkan dengan Chicago.

Pada hari minggu pagi waktu Chicago, senin waktu Indonesia, penulis mengikuti pesta dari para voluntere. Pesta gratis untuk rakyat Amerika. Suasana pesta tersebut sangat meriah. Banyak penduduk yang datang dan mereka berkumpul dalam satu tempat, di Grant park. Sebuah kebun yang sangat hijau, dimana disitu telah di sulap menjadi sebuah pesta dengan berbagai hidangan gratis untuk orang yang datang. Penulis bersama rombongan ikut serta menghadiri dan menikmati fasilitas gratis, seperti makan dan minum, pemberian kaos dari sponsor tertentu dan banyak lagi. suatu pesta yang tidak pernah penulis temukan sebelumnya di Indonesia.

3 comments:

Anonymous said...

blog ini saya temukan setelah browsing kemana-mana nyari berita seputar kampus illinois yang barusan terjadi insiden penembakan. saya telah lama menjadikan chicago sebagai "dreamland", cerita ini memantapkan keinginan saya untuk berkunjung (mudah-mudahan) tahun depan. Thx

yanmaneee said...

kyrie 4
yeezy boost 350 v2
jordan shoes
timberlands
adidas yeezy
zx flux
nike air max
hogan outlet
jordan 4
supreme clothing

شركة نقل عفش واثاث said...



alfursanalmutahida Furniture Moving Company

If you are looking for a furniture moving company in Dammam and Khobar for your private home with high quality, prices that are not high, excellent packaging, guaranteed access to a compass, a distinguished team, and guaranteed work to move wood, electrical appliances, glass, especially glass, then he has very special care and has a lot of tools that are highly packaged so as not to cause him to break a company Furniture Moving Forsan United Furniture Moving in Dammam and Khobar provides you with all these possibilities and the highest service and deservedly just contact us and trust that we are more keen on the safety of your furniture than you
شركة نقل عفش بالجبيل
شركة نقل عفش بالاحساء
شركة الفرسان المتحدة لنقل الاثاث